Atmosfer


Hey hey. “Kebanyakan ngepost soal komputer doang coba ah sesekali post soal yang lainnya”

Yups makasih sobat udah ngasih masukan. So, kali ini saya akan post soal Atmosfer. Ya ! dengan kata lain merupakan bagian dari  materi Geografi kan bukan komputer😀

Langsung aja cek it out !

 

Atmosfer berasal dari kata atmos yang berarti udara / uap / gas dan spharaira yang berarti bola bumi atau lapisan.

 

Jadi, atmosfer adalah lapisan udara yang mengelilingi bumi. Atmosfer terdiri atas beberapa macam gas yang terpengaruh oleh gaya tarik bumi dan sekaligus sebagai lapisan pelindung bumi. Atmosfer terdiri dari sekitar 78% nitrogen, 20% oksigen, dan 2% lainnya terdiri dari gas argon, ozon, hidrogen (uap air), karbon (debu dan asap) lainnya.

SIFAT – SIFAT ATMOSFER :

  • Elastis dan dinamis sehingga dapat mengembang dan mengkerut.
  • Tidak berwarna, tidak berbau dan tidak dapat dirasakan. Udara dapat dirasakan jika udara itu bergerak dalam bentuk angin.
  • Transparan terdapat beberapa bentuk radiasi.
  • Terdiri atas beberapa Gas.
  • Terdiri dari beberapa lapisan.

LAPISAN – LAPISAN ATMOSFER

  • Troposfer

Lapisan troposfer merupakan lapisan atmosfer terendah. Oleh karena itu, lapisan ini berhubungan langsung dengan makhluk hidup di permukaan bumi. Lapisan troposfer  sangat berguna bagi manusia, sebab lapisan tersebut sebagian besar terdiri atas nitrogen dan oksigen. Selain itu juga merupakan tempat terjadinya berbagai gejala cuaca dan iklim, seperti adanya hujan, angin, awan, dan petir.

Ketinggian lapisan troposfer mencapai 8 km di daerah kutub dan 16 km di daerah khatulistiwa. Suhu lapisan troposfer semakin keatas semakin dingin. Suhu di permukaan bumi rata – rata 20˚C, sedangkan pada batas atas lapisan ini mencapai -30˚C. Lapisan diatasnya adalah stratosfer, pembatas antara troposfer dan stratosfer adalah lapisan tropopause.

Lapisan - lapisan atmosfer.

Lapisan – lapisan atmosfer.

  • Stratosfer

Lapisan ini merupakan tempat dimana ozon berada. Ozon sangat berguna sekalai bagi kehidupan di muka bumi karena berperan sebagai penyaring sinar Ulraviolet (UV) dari matahari.

Ketinggian lapisan ini adalah 15 – 55 km. Diatas lapisan ini terdapat lapisan stratopause yang berupakan pembatas lapisan statosfer dengan lapisan mesosfer.

 

  • Mesosfer

Lapisan ini terletak diatas lapisan stratosfer. Lapisan ini merupakan tempat terbakarnya meteor atau benda – benda luar angkasa yang menuju bumi.

Ketinggian lapisan mesosfer sekitar 55 – 80 km. Di atas lapisan ini terdapat lapisan mesopause yang merupakan lapisan peralihan mesosfer dengan lapisan thermosfer.

 

  • Thermosfer

Pada lapisan atmosfer, semakin ke atas suhunya semakin tinggi (inversi) mencapai 1.700˚C akibat ionisasi atom udara oleh sinar X dan sinar ultraviolet dari matahari. Karenanya, lapisan thermosfer disebut juga lapisan ionosfer. Dalam lapisan thermosfer terdapat lapisan Kennely Heaviside (Lapisan E) dan lapisan Appleton (Lapisan F). Kedua lapisan ini dapat memantulkan gelombang radio sehingga bermanfaat bagi dunia komunikasi yang ada di bumi.

 

  • Eksosfer

Terletak pada ketinggian 800 – 1000 km, lapisan ini merupakan lapisan terakhir dari atmosfer bumi. Pada lapisan eksosfer, udara semakin tipis dan gravitasi juga semakin kecil pengaruhnya. Setelah lapisan eksosfer terdapat ruang hampa udara.

 

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak.  Minimal Komen ya, terimakasih lagi kalau mau share ^_^

Pengunjung yang baik selalu meninggalkan jejak. Minimal Komen ya, terimakasih lagi kalau mau share ^_^

Tagged: , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: