Perkembangan Alat Komunikasi


Hei Hei, lumayan lama ga update artikel pengetahuan ya…

yosh kalau materi sebelumnya saya membahas tentang sejarah perkembangan komputer dan sedikit tentang alat komunikasi masa lalu dan moder (kalau ga salah) hehhehe. Kali ini saya akan membagikan materi yang juga berhubungan dengan komunikasi.

Yups, seperti judul diatas. Sejak dahulu manusia telah menciptakan berbagai macam alat dalam melakukan komunikasi khususnya media komunikasi jarak jauh untuk mendapat informasi dari tempat yang jauh tanpa harus mendatanginya.

coba saja kalian bayangkan kalau saja sejarah perkembangan komunikasi tidak terjadi ? wah pasti repot kan. Untungnya, manusia merupakan makhluk sosial yang memiliki keunggulan akal dibanding makhluk Tuhan lainnya. YOSH, ga perlu panjang lebar karna penjelasan saya nanti juga harus panjang dan lebar dan itu sangat “menyebalkan”. Bayangkan saja jam 2 malam harus menulis materi ini untuk adik” maupun kakak” dan teman” semuanya (eh jadi curhat) hehehe..

Let’s Keep Calm and Stay On with me. Cek It Out Dude…

1. Merpati Pos

Merupakan alat komunikasi dengan menggunakan burung merpati sebagai pengantar surat atau pesan, Merpati dipilih karena burung ini pintar, berdaya ingat kuat, kemampuan navigasi yg hebat, dan naluri alamiah untuk kembali ke saran.Metode ini berasal dari Persia. Pertama kali digunakan oleh Sultan Bagdad Nuruddin (1416) untuk mengirim pesan sekitar kerajaannya. Orang Romawi menggunakan Merpadi untuk mengirim pesan kepada pasukan militernya. Orang Yunani memberitahukan pemenang Olimpiade melalui merpati pos. Pada masa perang dunia pertama (1914 – 1918) pasukan Amerika menggunakan merpati pos juga lho untuk berkomunikasi.

     2. Telegraf

Merupakan alat untuk mengirim pesan jarak jauh. Ditemukan oleh Samuel F.B Morse (Amerika) bersama asistennya Alexander Bain tahun 1837 Pesan pertamanya dikirim pada 6 Januari 1938 dan menggunakan kode Morse. Pesan ini diistimewakan karna biasanya berisi pesan penting dan rahasia. Media ini lalu memunculkan media baru  seperti Teleprinting dan Faksimile. Pemanfaatan Telegraf di Indonesia pertamakali dibuka 23 oktober 1855, oleh pemerintahan Belanda.

     3. Telephon

Ga perlu ditanya lagi siapa penemu ditemukannya Telephon. Yups, penemunya adalah Alexander Graham Bell tahun 1876. Di Indonesia sendiri telephon lokal pertama digunakan sejak 16 Oktober 1882 yang diselenggarakan pihak swasta. Tahun 1967 PT Indosat (Indonesia Satelite Corporation) mulai membangun telepon gelombang mikro. Dimulai dengan jaringan Trans Sumatra dan Indonesia Timur. Selanjutnya, tahun 1976, Satelit Palapa A-1 diluncurkan sehingga memungkinkan jaringan telepon Indonesia meluas hingga mencapai luar negeri. Oh iya, tahun 1906  perusahaan jaringan telepon diambil alih dan dikelola  Pemerintahan Hindia Belanda melalui PTT (Post, Telegraf, Telephon) Dienst.

4. Telegram

Telegram baru populer 1920-an, kalo gue populernya kapan ya xixixixi.

Penemu Seniman dari Amerika Samuel Morse (1791- 1872) >> penemu Telegraf

Telegram berisi kombinasi kode yang ditransmisikan oleh telegraf. Alat ini biayanya lebih murah daripada telephon, meskipun tarifnya dihitung berdasarkan banyaknya jumlah karakter termasuk tanda baca. Di Indonesia telegram dipopulerkan oleh perusahaan Telkom. Ada 2 jenis telegram, telegram biasa dan Indah -_-. Telegram biasa berwarna biru muda, sedangkan telegram indah biasa dikirimkan hari hari khusus seperti hari raya atau tahun baru.

5. Pager

Pager atau radio panggil merupakan alat telekomunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan pendek. Sekarang  sudah jarang ditemukan. Ditemukan pada tahun1956 oleh Multitone Electronic di Rumah Sakit St. Thomas London.

6. Surat Elektronik (E-Mail)

Raymond Samuel Tomlinson (lahir 1941) merupakan orang yang menciptakan lambang @ pada E-Mail dan itu masih dalam uji coba dalam penyampaian Email. dan mulai di pakai secara umum pada tahun 1980-an.

7. Internet

Kepanjangan dari Interconnected-Networking. diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET. Rangkaian ini dibangun oleh ARPA (United States Departement of Defense Advanced Research Projects Agency). Tahun 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian  pusatnya dari NCP ke TCP/IP. Internet masuk ke Indonesia pada awal 1990-an.

Tahun 1994 Indo Net menjadi ISP (Internet Service Provider) komersial pertama di Indonesia.

8. Telepon Genggam

pada tahun 1921, Departemen Kepolisian  Detroit Michigan mulai menggunakantelepon mobil satu arah. Tahun 1940, Galvin Manucfactory corporation (sekarang motorola) mengembangkan Handle-talllkle SCR536 saat perang dunia II. Sedangkan penemu Telpon genggam sebenarnya adalah Martin Cooper dari Motorola Corp tahun 1973. dan telepon genggam generasi pertama ini dikenal 1G.

2G atau generasi ke duanya muncul pada tahun 1990-an dengan teknologi GSM dan CDMA. Teknologi ini dilengkapi dengan pesan suara, panggilan tunggu dan sms. dan sekarang sudah memasuki generasi ke 3 (3G) dan keempat (4G). teknologi ini memberikan jangkauan yag lebih luas termasuk internet, dan bahkan fungsi telpon seluler mendekati fungsi PC. untuk 4G memiliki heterogenitas jaringan hingga memungkinkan pengguna menggunakan berbagai  system kapan saja dan dimana saja. Di Indonesia telepon genggam pertama kali hadir pada tahun 1984 berbasis Nordic Mobile Telephone (NMT)

 

9. Pesan Instan (Instant Messaging)

dipopulerkan oleh America Online (AOL), kemudian disusul oleh Yahoo! Massenger, Google dan Microsoft (Windows Live Messenger).pada tahun 1996 Pesan Instan ini Booming saat diperkenalkan ICQ sebuah pesan gratis.

 

10. Mobile Chat Messenger

Hampir sama seperti pesan instan, namun diaplikasikan kedalam sebuah Handphone atau Smartphone yang berteknologi tinggi.contohnya adalah Blackberry Messenger (BBM), Whatsapp, Ebudy, Mig33, Nimbuzz dan masih banyak lagi.

 

Yosh, segitu dulu update saya, mungkin baru bisa update lagi 2 minggu kedepan tapi liat sikon juga ya.

Yang punya Kritik dan Saran serta request silahkan mencorat coret di bawah.

nah Sankyu sudah berkunjung dan main – main di web saya.

Jaa nee.

Tagged: , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: