Pembersih alamiah super efektif, non toksik


Pembersih alamiah super efektif, non toksik

Ya Allah, Tita. Kok rumah sampe kotor gini tha. Ini tadi kamu apain kok bisa kayak kapal pecah  gini !?” kira kira begitulah ucapan yang diucapkan Mama saya kepada adik saya. Emh mungkin setiap ibu juga sebal jika melihat rumahnya kotor. Begitu juga mamah saya, yang super duper cleaner. Setiap melihat rumahnya kotor paski ngomel melulu. Ups kok jadi ngomongin mamah saya sich hehehehe.

 

Ngomong-ngomong tentang rumah kotor, kali ini saya akan memaparkan beberapa solusi untuk membersihkan rumah kotor, tapi dengan bahan-bahan yang alami dan tidak beracun. Nah ini mungkin berguna untuk teman-teman yang ingin membantu mamah, ibu ataupun siapa saja yang ingin teman-teman buat senang.

 

Nah cerita diatas adalah kejadian beberapa hari yang lalu. Dan saya cari solusi ini di buku dan ketemu. Dan mamah saya pun senang dengan tips n solusi saya ini, eh kok curhat lagi yach, hehehe.

 

Nah, tanpa lama-lama lagi ini dia bahan pembersih alamiah serta tidak beracun dan aman digunakan. Yuk mari kita cekidot.

 

 

  • Sari atau Jus Lemon

Sari atau Jus lemon berguna untuk :

  1. Membersihkan telenan

Bakteri dapat bersembunyi di dalam celah dan retak pada telenan kayu. Untuk mengatasi, gunakan Sari atau Jus Lemon. Kandungn citric acid-nya adalah anti bakteri kuat yang dapat membunuh bakteri yang kontak, termasuk E-Coli. Berbeda dengan produk antibakteri komersial, kuman yidak akan jadi resisten atau kebal pada jus lemon.

 

  1. Membersihkan mesin pembuat kopi (Coffee Maker)

Air keras dan timbunan mineral dapat menyumbat coffee maker, membuat hasil seduhan kopi beraroma agak pahit dan rasanya kurang sedap. Untuk mengatasi, campur 1 bagian air dengan 1 bagian sari lemon. Tuang kedalam coffee maker. Nyalakan pastikan dulu basket kosong dari bubuk kopi. Ulangi lagi dengan hanya menggunakan air biasa.

 

  1. Menghilangkan bau microwave

Hilangkan bau makanan dari microwave dengan memasukkan ½ buah lemon atau beberapa jus atau sari lemon ke dalam semangkuk air. Masukkan kedalam microwave. Nyalakan dengan setelan high selama 3 menit, saran Joey Green dalam buku Fix-It Magic. Uap juga melepaskan makanan dan noda.

 

  • Vinegar  putih untuk :

  1. Membuat shower bebas noda

Acetic acid – ingredien yang memberi rasa asam dan aroma tajam pada vinegar melarutkan timbunan mineral, noda air keras dan noda air sabun. Juga terbukti membunuh 99% bakteri permukaan dan 82% jamur. Gunakan semprotan dengan sponge (itu tuh si spongebob) atau botol semprotan.

  1. Membersihkan noda hewan

Acetic acid vinegar efektif sebagai pembersih noda dan desinfektan. Bisa  digunakan untuk mengatasi noda air seni anjing peliharaan pada karpet. Tuang 1 bagian vinegar dan 2 bagian air dingin kedalam botol semprotan. Kocok dan semprotkan pada noda sampai basah. Biarkan selama 1 atau 2 menit. Separ kering dengan kain pel atau pakaian usang.

  1. Membersihkan mesin cuci

Pencuci pakaian menginggalkan deposit yang dapat menimbun di dalam washer, mengurangi kekuatan pembersih dan umur mesin. Beberapa kali setahun, masukkan beberapa cup vinegar putih dan air ke dalam mesin cuci tanpa baju di dalamnya, lalu nyalakan mesin. Vinegar memecah residu sabun dan menghilangkan lumut.

 

 

  • Baking Soda untuk :

 

  1. Membersihkan gosongan masakan pada panci dan pan.

Jangan menggosok. Taburi gosongan dengan Baking Soda. Tambahkan air secukupnya untuk melembabkan. Diamkan beberapa jam anda bisa melapnya tanpa kerja keras.

  1. Eliminasi ring bathup

Untuk membuat bathup bersinar, campur baking soda dengan sedikit dabun cair cuci piring sampai jadi adonan. Gunakan untuk membersihkan bathup. Baking soda berperan sebagai pembersih abrasif lembut yang memecah dan melarutkan bekas air sabun, membuat porselin kembali bersinar tanpa menyebabkan kerusakan.

  1. Membersihkan oven tanpa kerja keras

Taburkan sejumlah banyak baking soda pada oven, semprotkan dengan sedikit air. Diamkan semalam. Berkat aksi melarutkan protein, anda bisa melap oven pada pagi harinya. Semua noda dan makanan gosong bisa dibersihkan dengan mudah.

 

 

  • Air Soda untuk :

 

  1. Menghapus Noda

Tidak perlu membeli pretreater atau pembersih noda. Air soda dapat digunakan untuk noda pakaian, karpet dan sofa. Bahkan noda bandel seperti red wine, minyak, dan coklat. Tuangkan saja air soda pada bagian yang terkena noda. Atau oleskan dengan lap diamkan sekitar 15 – 30 menit, lalu serap noda dengan lap bersih atau dengan sponge.

  1. Membuat perhiasan bersinar lagi

Cincin atau liontin berlian tampak kusam ? yach kasian dech loch, hehehe J. Rendam perhiasan berharga lainya seperti Rubby, Emerald, Sapphire  dalam gelas berisi air soda selama semalam. Bilas bersih pagi harinya. Perhiasan anda akan terlihat seperti dibersihkan secara profesional. Aksi gelembung gas air soda melepaskan minyak dan membersihkan kotoran, dan tak akan merusak perhiasan anda, kata bapak Green.

  1. Membersihkan karat

Tuang air soda pada noda kecoklatan, diamkan sekitar 15 menit, lap dengan kain. Gelembung gas dari soda melepaskan karat sehingga mudah dilap. Anda juga bisa menuangkan air soda kedalam botol semprotan dan semprotkan pada sekrup yang karatan untuk membersihkan karat. Atau redam perkakas – tool – yang berkarat dalam mangkuk berisi air soda selama semalam. Keesokannya, perkakas anda aka bersinar seperti baru.

 

 

 

Demikian tips dan solusi saya, semoga bermanfaan buat ibu-ibu dan teman-teman lainnya.

Tagged: , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: